Sri Mulyani Ingatkan Mahasiswa Tidak Hanya Belajar di Ruang Kuliah

Home / Pendidikan / Sri Mulyani Ingatkan Mahasiswa Tidak Hanya Belajar di Ruang Kuliah
Sri Mulyani Ingatkan Mahasiswa Tidak Hanya Belajar di Ruang Kuliah Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESBLITAR, MALANG – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengingatkan mahasiswa untuk aktif berproses dan tidak hanya mengandalkan belajar di ruang kuliah.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan orasi ilmiah kepada ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Dome UMM, Malang, Kamis (10/10/2019).

Wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memaparkan grand tema akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas SDM untuk menyongsong Indonesia maju.

Mahasiswa-UMM.jpg

Dalam kesempatan itu, ia memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir memenuhi gedung bundar Dome UMM.

"Jangan hanya belajar di kelas. Kalian harus memiliki wawasan kira-kira jenis skill seperti apa yang dibutuhkan ke depannya. Banyak mahasiswa yang merasa pinter karena bisa menghafal, it is not about memorizing, tapi bagaimana intelektualitas bisa dikembangkan menjadi manusia yang memiliki analytical thinking," beber dia.

Dia menyindir mahasiswa yang suka menyebarkan informasi tanpa ditelaah mendalam.

"Kalau sukanya buka WA (Whatsapp), dapat informasi langsung diforward tanpa dibaca dulu, berarti mahasiswa model seperti ini tidak memiliki analytical thinking," ucapnya.

Menurutnya, nilai perkuliahan atau IP mahasiswa itu penting. Namun, harus dibarengi dengan kemampuan leadership yang kuat.

"Kalau hanya menghafal, meskipun IP nya 4, tapi gak punya skill leadership, maka anda belum memiliki skill yang cukup untuk menghadapi tantangan Indonesia ke depan," tegasnya.

Sri-Mulyani.jpg

Ia juga berbicara visi Indonesia di 2045. Pada tahun itu, Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke 100 tahun.

"Kita perlu melihat tantangan Indonesia saat ini. Apa peranan instrumen keuangan untuk mencapai itu semua," katanya.

Dunia kehidupan yang begitu kompleks dan dinamis dinilai Sri Mulyani sebagai pandangan para mahasiswa untuk belajar dan terus berproses.

"Mahasiswa tidak hanya mempelajari dari teks book. Tapi juga belajar tentang kehidupan yang lebih kompleks," kata Sri Mulyani. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com