Habis PHK, Lulusan Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJAMSOSTEK Langsung 'Tancap Gas'

Home / Ekonomi / Habis PHK, Lulusan Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJAMSOSTEK Langsung 'Tancap Gas'
Habis PHK, Lulusan Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJAMSOSTEK Langsung 'Tancap Gas' Peserta Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJAMSOSTEK Cabang Malang saat mengikuti pelatihan kerja. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESBLITAR, MALANGProgram Vokasi Indonesia Bekerja dari BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK disiapkan khusus peserta aktif yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan selama pandemi.

BPJAMSOSTEK Cabang Malang sendiri telah melaksanakan program Vokasi Indonesia Bekerja pada Selasa (7/7/2020) lalu. Bekerjasama dengan LP3I Malang dan LKP Citra Komputer.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Imam Santoso, mengatakan pelatihan vokasi ini tidak berbayar alias gratis dan hanya diberikan satu kali bagi setiap peserta.

"Kami mengimbau kepada para pekerja untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dan segera mendaftarkan diri dengan cara menghubungi BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Malang," ujarnya.

Menurut Imam, Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJS Ketenagakerjaan diberikan untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan berupa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang ingin dikembangkan atau telah dimiliki untuk ditingkatkan kembali.

Ia berharap melalui program ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi mereka untuk dapat kembali bekerja pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa ahli ataupun di tempat kerjanya.

"Peserta yang dinyatakan lulus dalam pelatihan vokasi ini selain mendapatkan uang saku pelatihan juga akan mendapatkan sertifikasi BNSP dan dinyatakan kompeten untuk bekerja kembali," imbuhnya.

Salah satu peserta, Reza Prasetyo, mengatakan baginya Program Vokasi Indonesia Bekerja BPJAMSOSTEK ini sangat membantu proses pemulihan pasca mendapatkan PHK dari perusahaannya.

Reza merupakan peserta aktif BPJAMSOSTEK. Sayang, imbas pandemi Covid-19, ia harus dirumahkan. Pekerja di salah satu perusahaan penginapan itu awalnya dirumahkan. Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan terpaksa harus melakukan penyesuaian kembali terhadap tenaga kerja.

"Sangat bermanfaat bagi peserta yang terdampak pandemi. Kami banyak dapat informasi penting yang ga didapatkan di pelatihan lain," tuturnya.

Reza berharap, Program Vokasi Indonesia Bekerja dari BPJAMSOSTEK terus berlanjut dan diadakan setiap batchnya. "Ke depan saya tetep berusaha apply ke perusahaan-perusahaan untuk bekerja kembali. Sementara itu sambil berwirausaha," tutupnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com