85% Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Diselesaikan KPU Kota Blitar

Home / Berita / KPU Kota Blitar Sudah Selesaikan 85% Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan
KPU Kota Blitar Sudah Selesaikan 85% Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Hernawan Miftakhul Khabib, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 
Fokus Berita

TIMESBLITAR, BLITARKPU Kota Blitar telah menyelesaikan 85% verifikasi faktual dukungan calon perseorangan pada Pilwali Kota Blitar. Total yang harus diverifikasi faktual sebanyak 35.295 dukungan.  

"Ada sekitar 20 sampai dengan 25% itu yang tidak ditemui," urai Hernawan Miftakhul Khabib, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Senin (6/7/2020).

Khabib mengutarakan sekitar 7.500 dukungan yang tidak bertemu tersebut belum bisa diartikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Karena ada beberapa rangkaian tahapan dalam proses verifikasi faktual.

Menurutnya, tahap pertama petugas mendatangi pendukung. Kedua pendukung yang tidak bisa ditemui dikumpulkan yang difasilitasi tim bapaslon. Ketiga pendukung datang ke sekretariat PPS dan keempat melalui vidcon atau media online.

"Hanya saja nanti untuk verifikasi faktual online ini kan nanti ada ketentuan tertentu. Seperti di luar wilayah administrasi kemudian sakit dan lain sebagainya," jelasnya. 

Lebih lanjut Khabib menguraikan hasilnya akhir verifikasi faktual dukungan calon akan dibagi menjadi 2 kategori. Yakni Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Kategori itu nanti diputuskan setelah proses rekapitulasi pada hari ke 14 pada tahapan verifikasi faktual, yaitu pada 14 Juli 2020 mendatang," urai Khabib. 

Khabib memastikan, sampai sekarang belum ada laporan mengenai adanya pendukung yang menarik atau membatalkan dukungan dari Paslon Perseorangan. 

"Yang jelas proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh teman teman-teman di bawah itu adalah menanyakan terkait dengan kebenaran identitas dan menanyakan kebenaran dukungannya," tegas anggota KPU Kota Blitar ini.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com